Nadyta Blu-Ray Gallery

Home

 

 

 

 

Apakah Blu-Ray?

Blu-Ray (bukan Blue-ray) juga dikenali sebagai Blu-ray Disc (BD), adalah nama dari generasi setelah DVD yaitu format optik yang dikembangkan bersama-sama oleh Blu-ray Disc Association (BDA), sekumpulan elektronik terkemuka di dunia yang menghasilkan komputer pribadi dan mengelola media (termasuk Apple, Dell, Hitachi, HP, JVC, Motorola, Mitsubishi, Panasonic, Pioneer, Philips, Siemens, Sharp, Sony, TDK dan Thomson). Format ini dikembangkan untuk menghasilkan rakaman, menulis ulang dan memutar video definisi tinggi (HD), serta menyimpan data dalam jumlah besar. Format ini menawarkan lebih dari lima kali kapasiti simpanan DVD biasa dan menyimpan hingga 25GB pada single layer disc dan 50GB pada dual-layer disc. Kapasiti tambahan ini dikombinasikan dengan penggunaan keunggulan video dan audio codec yang menawarkan konsumen pengalaman HD yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

Meskipun saat ini teknologi cakeram optik seperti DVD, DVD ± R, DVD ± RW, dan DVD-RAM bergantung pada laser merah untuk membaca dan menulis data, format baru yang diperkenalkan ini adalah sebaliknya yaitu menggunakan laser biru-violet sebagai gantinya, maka nama yang diberi adalah Blu-ray. Keuntungan menggunakan laser biru-violet (405nm) adalah bahwa ia memiliki panjang gelombang lebih pendek dibandingkan laser merah (650nm), yang membolehkan anda memfokuskan laser spot dengan lebih presisi. Hal ini memungkinkan data akan dapat dikemas secara lebih ketat dan disimpan di ruangan sempit, jadi ia dapat memuat lebih banyak data pada disk meskipun ukuran yang sama seperti CD / DVD. Ini selaras dengan perubahan aperture pada kadar 0,85 bertujuan untuk memungkinkan Blu-ray dapat mencakupi kapasiti 25GB/50GB. Perkembangan terbaru oleh Pioneer telah mendorong kapasiti simpanan 500GB pada satu disk dengan menggunakan 20 lapisan.

Blu-ray saat ini didukung oleh sekitar 200 perusahaan elektronik terkemuka di dunia, komputer pribadi, penulisan media, video game dan perusahaan musik. Format ini juga mempunyai dukungan dari semua studio Hollywood dan studio-studio kecil yang tak terhitung jumlahnya sebagai pengganti format DVD untuk masa ini. Banyak studio juga mengumumkan bahwa mereka akan mulai meluncurkan film baru di Blu-ray Disc disamping pengeluaran DVD.

Apa Player Blu-ray DVD 3D?
Sebuah Blu-ray 3D DVD Player adalah player yang mampu memutar kembali 3D Blu-ray Disc serta standar 2D Blu-ray Disc dan DVD. Sebuah Player Blu-ray 3D DVD dapat menghasilkan dua sinyal 1080p untuk setiap mata pada saat yang sama. Sebuah TV 3D dan kacamata 3D juga dibutuhkan untuk melihat gambar 3D.

 

Perbandingan Bluray dengan DVD:

 

Apa yang saya perlukan untuk menonton Blu-ray Disc Film?
Anda memerlukan berikut ini:

 -   LCD TV disarankan minimal 32 inch, semakin besar maka semakin terlihat keunggulan Bluray Disk, support HDMI-CEC, Full HD. Karena jika menggunakan TV biasa, hasilnya tidak jauh beda dengan DVD.
- HDTV (1080p disarankan)
- Kabel HDMI (menyediakan kualitas gambar terbaik), Banyak player akan memiliki pilihan koneksi video seperti S-Video, Component Video Output dan Output Video Komposit
- Blu-ray DVD Player (Anda tidak dapat menggunakan Blu-ray Disc pada DVD Player)

- Sound System (Optional), untuk menghasilkan efek suara kualitas tinggi.